Pasca Hari Raya Idul Fitri, Destinasi Wisata di Sumenep Akan Dibuka

oleh -
Pasca Hari Raya Idul Fitri, Destinasi Wisata di Sumenep Akan Dibuka
Pasca Hari Raya Idul Fitri, Destinasi Wisata di Sumenep Akan Dibuka

Sumenep, ID Times – Destinasi wisata di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, dipastikan akan dibuka kembali pasca hari raya Idul Fitri 1442 H.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep, Imam Bukhari mengatakan, destinasi wisata tersebut dibuka esok hari setelah hari raya Idul Fitri.

“Bapak Bupati telah memutuskan bahwa wisata di Sumenep akan dibuka ke esokan hari lebaran Idul Fitri,” kata Imam Bukhari kepada media ini, Selasa (4/5/2021).

Baca Juga:  Pemkab Sumenep Umumkan Hasil Seleksi Kompetensi Dasar CPNS Tahun 2019

Plt Sekretaris Disparbudpora ini menjelaskan, meski sudah diputuskan dibuka, namun pengelola wisata harus mengajukan izin terlebih dahulu kepada Pemerintah Daerah.

“Bapak Bupati melalui Bapak Sekda menambahkan agar pembukaan wisata itu diawali dengan surat permohonan kepada Satgas Covid-19, yang dalam hal ini Bapak Bupati sebagai ketua Satgas,” jelasnya.

Bagi pengelola yang sudah mengajukan permohonan kepada Satgas Covid-19, maka selanjutnya akan diverifikasi ke lokasi wisata terkait kelayakan protokol kesehatannya.

“Kalau Prokesnya layak maka wisata itu akan mendapatkan rekomendasi untuk bisa dibuka kembali,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Imam, pengelola wisata juga harus membuat pernyataan kesediaan ditutup kembali jika dikemudian hari ditemukan melanggar Prokes Covid-19.

Baca Juga:  Hadiri Sertijab Karutan Sumenep, Ini Pesan Bupati Busyro

“Namun juga setiap pengelola (wisata) diharuskan membuat surat pernyataan kesiapan ditutup manakala nanti ditengah operasional ditemukan melanggar protokol kesehatan,” terangnya.

Imam mengaku, saat ini pihaknya secara intens melakukan sosialisasi kepada pengelola wisata terkait prosedur pembukaan kembali destinasi wisata. Termasuk terkait permohonan pembukaan kepada Bupati selaku ketua Satgas Covid-19.

“Hal itu juga berlaku pada wisata yang dikelola oleh Pemkab sendiri, seperti Pantai Lombang dan Slopeng saat ini sudah mengajukan permohonan kepada Bapak Bupati,” pungkasnya. (mad/nur)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.