Ratusan Peserta Ikuti Kejuaraan Catur Sumenep Cup 2019

oleh -
Ratusan Peserta Ikuti Kejuaraan Catur Sumenep Cup 2019
Ratusan Peserta Ikuti Kejuaraan Catur Sumenep Cup 2019

Sumenep, ID Times – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) setempat menggelar Kejuaraan Catur Sumenep Cup 2019. Kegiatan tersebut bertempat di gedung Volly Indoor Gor A. Yani, Panglegur, Sabtu (26/10/2019).

Dalam kegiatan tersebut, panitia menghadirkan grand master Nasional asal Jawa Tengah, Sugeng Prasetyo, dan melakukan pertandingan kehormatan catur simultan dengan Wakil Bupati Achmad Fauzi, Forkopimda dan pimpinan OPD.

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disparbudpora Sumenep, Moh Iksan, mengatakan, kejuaraan catur ini digelar dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Sumenep yang ke-750. Selain itu juga untuk meningkatkan minat dan bakat para pecatur di kabupaten Sumenep.

Baca Juga:  Pemuda yang Hilang di Perairan Dungkek Akhirnya Ditemukan

“Kegiatan ini juga ajang silaturahim antar pecatur di Nusantara. Karena saya melihat, peserta yang ikut tidak hanya dari Sumenep. Ada dari Jember, Gresik dan Jawa Tengah,” kata Moh Iksan, Sabtu (26/10/2019).

Ia menjelaskan, total peserta dalam kejuaraan ini berjumlah 152 orang yang terbagi dalam tiga kategori. Yakni 82 orang kategori senior, 48 orang kategori yunior putra dan 22 orang yunior putri. Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Madura, Surabaya, Gresik, Jember dan Jawa Tengah.

Baca Juga:  Cemburu Buta, Suami di Sumenep Bacok Mantan Pacar Istri

“Kami menyediakan hadiah total Rp28 juta 500 ribu untuk juara 1 hingga 5, masing-masing kelas senior dan yunior, dengan rincian tingkat senior totalnya sebesar Rp14 juta dan tingkat yunior sebesar Rp14 juta 500 ribu,” jelasnya.

Sementara, Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, mengatakan, dengan digelarnya kejuaraan catur ini diharapkan dapat melahirkan bibit-bibit atlet di Sumenep khususnya di bidang catur.

Bahkan dia meminta kepada dinas terkait agar terus melakukan upaya memasyarakatkan olahraga catur kepada anak muda, misalnya dengan lomba tingkat SMP atau SMA.

Baca Juga:  Sopir Hilang Kendali, Mobil Toyota Calya di Sumenep Tabrak Pejalan Kaki Hingga Tewas

“Mudah-mudahan dengan digelarnya kejuaraan ini melahirkan bibit-bibit atlet catur, khususnya atlet usia dini, agar Kabupaten Sumenep memiliki master catur nasional, seperti Sugeng Prasetyo,” ujar Wabup Fauzi.

Menurutnya, catur merupakan olahraga yang paling merakyat baik di kota maupun di kampung. Bahkan di pelosok-pelosok, bermain catur merupakan tradisi yang rutin dilaksanakan.

“Kondisi seperti ini merupakan sebuah peluang yang harus dimaksimalkan semua pihak, agar berbanding lurus dengan prestasi yang ada, khususnya bagi atlet usia dini. Jadi kegiatan seperti ini sangatlah positif dan hendaknya terus dilakukan di masa-masa mendatang,” imbuhnya. (mad/nur)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.